Berbagi Cerita kepada Dunia

www.ajiwibowo-id.blogspot.com

BPS-PAMS Tirta Kahuripan

BPS-Tirta Kahuripan Kalibagor
Atas bantuan Pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya, akhirnya Tahun 2014 Desa Kalibagor memiliki sarana air bersih yang bersumber dari air bor bawah tanah. Rintisan program air bersih ini sebetulnya sudah sejak tahun 2009 diwacanakan namun berbagai kendala belum bisa dilaksanakan, hingga akhirnya tahun 2014 Desa Kalibagor sudah memiliki Badan pengelolaan Sarana Air Bersih yang berorientasi pada kebutuhan sanitasi dan jamban masyarakat.
Pelaksanaan pengeboran dilakukan oleh pihak ke tiga atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PANSIMAS. Lokasi berada di RT.05/RW.04 Desa Kalibagor Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah. Dana yang digelontorkan tidak tanggung-tanggung mencapai kisaran 175 juta.

Saat ini Pemerintah Desa Kalibagor sudah membentuk Badan Pengelolaan Sarana Air Bersih yang di Ketuai oleh Bapak Slamet Riyanto, S.E. bekerjasama dengan 12 orang pengurus lainnya. Kepengurusan ini bertugas untuk mengelola bantuan tekhnologi tepat guna ini dalam bentuk sarana air bersih, serta melakukan pengembangan jaringan maupun program jangka pendek dan jangka panjang dalam penyediaan air bersih dan sanitasi/jamban keluarga di wilayah yang terjangkau oleh program ini

Pengurus juga melakukan terobosan-terobosan agar jaringan pipa induk semakin luas, terbukti sejak Badan Pengelola Sarana Air Bersih ini terbentuk, awalnya sambungan rumah berjumlah sekitar 75 sambungan ke rumah. Namun sekarang sudah lebih dari 87 sambungan rumah di kelola oleh BPS ini. Target kedepan BPS ini melayani lebih dari 175 jaringan air bersih untuk memenuhi sekitar 700 jiwa, di wilayah RT. 03, 04, 05, 06, 11, 12 RW.04 Desa Kalibagor.
Selain itu pemeliharaan alat-alat dan pipa-pipa juga menjadi agenda rutin, dan proses cheking water meter serta penarikan iuran bulanan juga sudah berjalan beberapa bulan ini.

Dengan adanya pengurus yang tersebar di masing-masing wilayah RT, memudahkan pengecekan water meter dan pencatatan penggunaan air oleh pelanggan. Sehingga proses mencatatan meter air dan penarikan iuran dapat berjalan tepat waktu. Dalam rangka itu, pengurus juga dalam proses mempersiapkan software/aplikasi untuk membuat satu pintu pembayaran, sehingga masyarakat pengguna air bersih, dapat secara langsung melakukan pembayaran tagihan air bersih di satu loket.

Kritik & saran silahkan tulis di kometar.





0 komentar:

BPS-PAMS Tirta Kahuripan